Generasi Komputer

Erfan Rusdi S.Kom

1. DISK DRIVE

Sebenarnya fungsi disk drive hampir sama dengan tape recorder, bedanya adalah disk drive menggunakan diskette atau semacam piringan sedangkan tape recorder menggunakan tape atau kaset.

2. COMPACT DISK

CD adalah singkatan dari Compact Disk. Teknologi CD yang menggunakan sinar laser telah berhasil digunakan dalam perekaman lagu

RAM (Random Access Memory); Jenis memori yg dapat diakses secaraacak (random) dimana komputer menyimpan program & data sementara. Ini juga sering disebut main memori pada komputer.

ROM (Read Only Memory) ; Jenis memori yang hanya dapat dibaca saja (read only) dan dapat ditulis sekali saja saat pabrikasi.Rom digunakan Untuk menyimpan program yang isinya tidak pernah berubah dan tidak membutuhkan tempat penyimpanan data

Ethernet ; jenis skenario perkabelan dan pemrosesan sinyal untuk data jaringan komputer yang dikembangkan.

Gateway ; sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang lain menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan komputer dapat diberikan kepada komputer lain yang protokolnya berbeda.

WAN (Wide Area Network) ; adalah jaringan komputer yang membutuhkan hubungan telekomunikasi jarak jauh sebagai media penghubung antar jaringan melalui jarak yang cukup jauh. Hubungan telekomunikasi jarak jauh dapat berupa saluran leased-line antar propinsi, saluran radio jarak jauh antar komunikasi satelit.

Motherboard; papan rangkaian (PCB) utama dari sebuah mikrokomputer atau Personal Computer (PC). Beberapa komponen komputer utama seperti chipset, RAM, BIOS-ROM, chip pengendali keyboard, pengendali disk drive, dan harddisk dipasang langsung pada motherboard. Motherboard memiliki beberapa komponen penghubung agar komponen penunjang yang Lain, seperti kartu VGA atau kartu suara, dapat dihubungkan ke mother board. Apabila sebuah perangkat komputer sudah menjadi satu kesatuan dengan motherboard, perangkat tersebut disebut “on-board”.

BIOS (Basic Input Output System); sebuah program built-in yang dapat dijalankan untuk mengontrol keyboard, layar tampilan, disk drive, komuni kasi serial dan beberapa fungsi khusus lainnya. Fungsi tersebut yang menyediakan akses tingkat rendah (low level) ke hardware. Pada umumnya BIOS disimpan dalam chip ROM yang sudah tersedia dalam komputer. BIOS juga melakukan tugas booting / inisialisasi disaat komputer baru di hidupkan. BIOS menyembunyikan detail cara pengaksesan hardware yang cukup rumit apabila dilakukan secara langsung.

3. VGA (Video Graphhic Array)

Sebuah penampilan grafis yang dikembangkan oleh IBM untuk PC. Resolusi yang dihasilkan pada mode teks adalah 720*400 pice; sedang kan pada mode grafis; 640*480 picel (16 warna) atau 320*200 picel (256 warna). Standar yang menghasilkan gambar lebih baik ; SVGA

4. COMPACT DISC ( CD )

Dalam dunia komputer melahirkan istilah “pembakaran CD” (CD Burning ). Pembakaran CD adalah proses mengisi CD dengan data, baik teks Gambar, vidio, suara, maupun program sama halnya dengan menyalin file kedalam disket. Untuk mengisi CD, kita memputuhkan CD-write driver yang berbeda dengan CD-ROM drive biasa. CD-ROM (read only memory), hanya bisa dibaca seperti; teks, gambar, musik, maupun vidio. CD-writer bisa melakukan keduanya yaitu; membaca dan menuliskan data.

5. PLEXTOR PXW121032A (12*10*32)

Suatu angka yang menunjukkan kecepatan resmi dari pabriknya. Angka pertama menyatakan kecepatan pembakaran CD-recordable (CD-R) biasa. Angka kedua kecepatan pembakaran CD-rewritable.Dan angka terakhir pemindahan data, dari pembakaran ke komputer.

KONSEP DASAR SISTEM

Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri dari interaksi subsistem yang berusaha untuk mencapai tujuan ( goal ) yang sama.

Sistem dapat dikelompokkan dalam dua bagian ;

  1. Menekankan pada elemen – elemen dalam sistem.
  2. Menekankan pada prosedur.

Prosedur adalah suatu urut – urutan operasi klerikel ( tulis-menulis), biasanya melibatkan beberapa orang didalam satu atau lebih departemen.

Sistem dapat diklasifikasi dari beberapa sudut pandang diantaranya ;

  1. Sistem Abstrak dan Sistem Fisik.

Sistem abstrak ; sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide.

Sistem fisik merupakan sistem yang ada secara fisik, misalnya sistem komputer, akuntansi, porduksi dll.

  1. Sistem Alamiah dan Sistem buatan Manusia.

Sistem alamiah ; sistem yang terjadi melalui proses alam.

Sistem buatan manusia ; sistem yang dirancang oleh manusia.

Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat – sifat tertentu ;

1. Komponen Sistem ; terdiri dari sejumlah komponen yang saling ber interaksi, saling bekerja sama membentuk satu kesatuan.

2. Batas Sistem ; merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem lainnya, dan ini sekaligus menunjukkan ruang lingkup dari sistem tersebut.

3. Lingkungan Luar Sistem ; apapun diluar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem.

4. Penghubung Sistem ; media penghubung antara satu sistem dengan sistem yang lainnya.

5. Masukan Sistem ; energi yang dimasukkan kedalam sistem.

6. Keluaran Sistem ; hasildari energi yang diolah dan di klasifikasikan menjadi keluaran yang berguna\

7. Pengolah Sistem ; suatu sistem dapat mempunyai suatu bagian pengolah atau sistem itu sendiri sebagai pengolahnya.

8. Sasaran Sistem ; suatu sistem pasti mempunyai tujuan.

KONSEP DASAR INFORMASI

Informasi ;

  1. Data yang diolah.
  2. Menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.
  1. Menggambarkan suatu kejadian – kejadian ( event ).
  2. Digunakan untuk mengambil suatu keputusan.

Kualitas dari suatu informasi ;

  1. Akurat ; berarti informasi harus bebas dari kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan.
  1. Tepat pada waktunya ; informasi yang datang pada penerimanya tidak boleh terlambat.
  1. Relevan ; informasi itu mempunyai manfaat untuk pemakainya.

Sistem Informasi ; suatu kegiatan dari prosedur – prosedur yang diorganisasikan, bilamana di eksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian di dalam organisasi.

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

Sistem Informasi Manejemen ( management Information systems ) atau MIS merupakan penerapan sistem informasi didalam organisasi untuk mendukung informasi – informasi yang dibutuhkan oleh semua tingkatanmanajemen.

Suatu SIM / MIS adalah kumpulan dari interaksi sistem-sistem informasi yang menyediakan informasi baik untuk kebutuhan manajerial maupun kebutuhan operasi.

Macam Sistem Informasi Manajemen ( SIM ) ;

  1. Sistem Informasi Akuntansi ( accounting information systems ) menyediakan informasi dan transaksi keuangan.
  1. Sistem Informasi Pemasaran ( Marketing Information Systems ), menyediakan informasi untuk penjualan, promosi penjualan, kegiatan pemasaran, penelitian pasar dll.
  1. Sistem Informasi Manajemen Persediaan ( inventory management information systems ).
  1. DLL.

Sistem Informasi Akuntansi ( SIA ) ; sistem akuntansi dengan pengembangan informasi lebih luas dengan lebih menekankan informasi kepada manajemen tanpa mengurangi informasi kepada pihak manapun.

Hubungan Sia Dengan Sim

Pada organisasi yang besar SIA merupakan subsistem dari SIM. SIA merupakan subsistem yang terbesar dari SIM. Sekitar sepertiga sampai dengan setengah dari total transaksi yang diproses adalah transaksi Akuntansi dan untuk organisasi yang kecil 70% atau lebih dari transaksi kebanyakan adalah transaksi akuntansi. SIM menangani semua data yang masuk didalam organisasi dan menghasilkan semua informasi yang dibutuhkakn oleh semua tingkatan manajemen.

Sistem Akuntansi Keuangan

Tujuan utama dari akuntansi keuangan ( financial accounting ); untuk menyediakan informasi yang relevan terhadap pihak intern dan ekstern secara cepat dalam pembuatan laporan keuangan baik laporan per periode maupun laporan yang sifatnya dadakan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: