Sistem Informasi Manajemen

Erfan Rusdi S.Kom

PENGETAHUAN DASAR SISTEM INFORMASI

A. KONSEP DASAR SISTEM

Definisi sistem :

Menurut Gordon B Davis Sistem adalah seperangkat unsur unsur yang terdiri dari manusia, alat konsep dan proseduryang dihimpun untuk maksud dan tujuan bersama.

Menurut Raymond Mc Leod Sistem adalah sekelompok elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan.

Karakteristik sistem :

1. Komponen

2. Lingkungan luar

3. Batasan

4. Jalinan /interface

5. Input

6. Proses

7. Output

8. Tujuan

B. KONSEP DASAR INFORMASI

Definisi Datai:

Data merupakan kumpulan huruf atau angka yang belum diolah sehingga tidak memiliki arti.

Definisi Informasi

Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yanglebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.

Menurut Gordon B Davis konsep sistem informasi

terdiri dari :

1. Konsep sistem

2. Konsep informasi

3. Konsep manajemen

4. Manusia sebagai pengolah informasi

5. Konsep pengambilan keputusan

6. Nilai Informasi

Menurut Gordon B Davis komponen sistem informasi

terdiri dari :

1. Perangakat keras

2. Perangakat lunak

3. Database

4. Prosedur

5. Personil

Definisi Sistem Informasi:

Suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi yang bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan pihak luar tertentu dengan laporan yang diperlukan.

C. SIKLUS HIDUP SISTEM

Siklus hidup sistem merupakan suatu proses evolusioneryang diikuti dalam menerapkan sistematau sub sistem Informasi berbasis komputer.

Tahapan-tahapan dalam siklus hidup sistem :

  1. Perencanaan
  2. Analisis
  3. Rancangan
  4. Penerapan
  5. Penggunaan

D. KONSEP DASAR MANAJEMEN

A. Dimana manajer ditemukan

Manajer dapat ditemukan dimana-mana, tetapi perlu disadari bahwa mereka ada diberbagai tngakt dan dalam berbagai bidang fungsional didlm perusahaan.

B. Tingkatan manajemen

Tingkatan manajer di dalam organisasi adalah :

1. Tingkat perencanaan strategis

2. Tingkat pengendalian manajemen

3. Tingkat pengendalian operasional

C. Bidang Fungsional

Bidang fungsional perusahaan terdiri dari 3 ( tiga) bidang utama yakni :

1. Pemasaran

2. Manufaktur

3. Keuangan

D. Apa yang dilakukan para manajer

Fungsi manajemen menurut Henri Fayol :

1. Planning

2. Organizing

3. Staffing

4. Directing

5. Controling

  1. Peran manajerial

1. Interpersonal ( peran antar pribadi)

a. Figurehead ( kepala)

b. Leader ( pemimpin)

c. Liasion ( penghubung)

2. Peran Informasi

a. Monitor ( pemantau)

b. Disseminator ( pewarta)

c. Spokesperson ( juru bicara)

3. Peran Keputusan

    1. Entrepreneur (wirausaha)
    2. Disturbance handler
    3. Resource allocation
    4. Negotiator

4. Keahlian Manajer

    1. Keahlian komunikasi
    2. Keahlian pemecahan masalah

5. Pengetahuan Manajemen

    1. Mengerti komputer
    2. 2. Mengerti Informasi
  1. Manajer dan sistem

G. END USER COMPUTING ( EUC )

EUC adalah pengembangan seluruh atau sebagian sistem Berbasis komputer oleh user.

EUC berkembang karena 4 (empat) alasan :

1. Meningkatnya pengetahuan tentang computer

2. Antrian jasa informasi

3. Perangkat keras yang murah

4. Perangkat lunak jadi

End User dikelompokkan menjadi empat golongan berdasarkan kemampuan komputer yang dimiliki, yaitu :

1. Pemakai Akhir Tingkat Menu

2. Pemakai Akhir Tingkat Perintah

3. Pemakai Akhir Tingkat Programmer

4. Personil Pendukung Fungsional

Manfaat EUC adalah :

1. Pemindahan beban kerja

2. Kesenjangan komunikasi

Resiko End User Computing :

1. Sistem yang buruk sasarannya

2. Sistem yang buruk rancangan dan dokumentasinya

3. Penggunaan sumber daya informasi yang tidak efisien

4. Hilangnya integrasi data

5. Hilangnya keamanan

6. Hilangnya pengendalian

H. MANAJEMAN INFORMASI

Seluruh aktivitas memperoleh informasi, menggunakan seefektif mungkin dan membuangnya pada saat yang tepat.

1. Jenis-jenis Sumber Daya Informasi :

1. Hardware

2. Software

3. Para Spesialis Informasi

4. Pemakai

5. Fasilitas

6. Database

7. Informasi

2. Pengelolaan Sumber daya Informasi

1. CEO ( Chief Executive Officer )

Orang yang memiliki pengaruh paling kuat dalam operasi perusahaan.

Contohnya direktur utama atau ketua dewan direksi

2. CIO ( Chief Information Officer )

Manajer jasa informasi yang menyumbangkan keahlian manajerialnya tidak hanya untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan sumber daya informasi tetapi juga area operasi perusahaan lainnya.

3. Perencanaan Stategis Sumber Daya Informasi

4. Delapan Elemen Lingkungan Perusahaan :

1. Pemerintah

2. Masyarakat global

3. Pelanggan

4. Pesaing Perusahaan

5. Pemegang saham/pemilik

6. Serikat kerja

7. Pemasok

8. Masyarakat keuangan

I. PERHATIAN PADA MANAJEMEN INFORMASI

  1. Kompleksitas Kegiatan Bisnis

a. Pengaruh ekonomi internasiol

b. Persaingan dunia

c. Meningkatnya kerumitan teknologi

d. Batas waktu yang semakin singkat

e. Kendala kendala sosial

  1. Kemampuan komputer yg semakin baik

Perkembangan komputer mulai dari generasi I sampai dengan V ( pentium).

Evolusi Komputer

a. Era Komputer

1. Facus of philosopy : Data Processing

2. Adminstrative framework : Regulated monopoly

3. Primary target : Organizational

4. Justification Purposes : Productivity effeiciency

b. Era Teknologi Informasi

1. Focus of philosopy : end-user computing

2. Administrative framework : Free market

3. Primary target : Individual

4. Justification purposes : effectiveness

c. Era Teknologi Informasi

1. Focus of philosopy : end-user computing

2. Administrative framework : Free market

3. Primary target : Individual

4. Justification purposes : effectiveness

d. Era Sistem Informasi

1. Focus of philosopy : Strategic system

2. Administrative framework : Regulated free market

3. Primary target : Business process

4. Justification purposes : Competitive advantage

e. Era Globalisasi Informasi

1. Focus of philosophy : Business transformation enabler

2. Administrative framework : Globalization

3. Primary target : Dynamic system

4. Justification purpose : Adaptivity

ELEKTRONIK DATA PROCESSING

A. TEKNOLOGI KOMPUTER

1. Alat Input

Alat yang digunakan untuk menerima input

Alat input terbagi menjadi :

a. Alat input langsung, terdiri dari :

- Keyboard

- Pointing device

- Scanner

- Sensor

b. Alat input tidak langsung

- Key-to-card

- Key-to-tape

- Key-to-disk

2. Alat pemroses ( CPU )

Alat dimana instruksi-instruksi program diproses untuk mengolah

data yang sudah dimasukkan lewat alat input dan hasilnya akan

ditampilkan di alat output.

Alat pemroses terdiri dari :

a. Control Unit ( CU )

b. Arithmatic Logical Unit ( ALU )

c. Memory

3. Alat output

Alat untuk menampilkan hasil dari proses komputer.

Alat Output terdiri dari :

a. Hard copy device

b. Soft copy device

c. Drive device

a. Batch Processing

Teknik pengolahan data dimana data dikumpulkan terlebih dahulu dalam periode tertentu.

b. Online Processing

Data hasil transaksi dapat langsung mengubah isi file yang ada di dalam database.

B. SISTEM KOMUNIKASI DATA

a. Offline System

Data tidak langsung diolah CPU

b. Online System

Data langsung diolah oleh CPU

c. Online, Real Time System

Data langsung diproses oleh CPU dan memungkinkan menghemat

waktu pengumpulan dan distribusi data.

C. JARINGAN KOMPUTER

Jenis-jenis Jaringan Komputer :

  1. Local Area Network ( LAN )

Network yang terbatas dalam jarak / area setempat ( lokal ) LAN terdiri dari :

a. High Speed Network

b. Medium Speed Network

c. Low Speed Network

  1. Metropolitan Area Netork ( MAN )

Merupaka versi LAN yang berukuran lebih besar, dapat mencakup kantor-kantor yang berdekatan / sebuah kota, dapat berhubungan dengan jaringan TV kabel.

  1. Wide Area Network ( WAN )

Mencakup daerah geografis yang luas ( negara / benua ).

  1. Jaringan Tanpa Kabel

Komputer notebook, Personal Digital Assistant ( PDA ) Jaringan tanpa kabel memiliki manfaat untuk membuat kantor portable dan melaksanakan kegiatan militer.

  1. Intranet

Merupakan sebuah jaringan yang dibangun berdasarkan teknologi internet yang di dalamnya terdapat basis arsitektur berupa aplikasi web dan teknologi komunikasi data.

  1. Internet

Sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer- komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia.

  1. Ekstranet

Mengekspose sebagian dari internal jaringannya ke komunitas diluar.

OTOMATISASI KANTOR

Pendahuluan

Otomatisasi Kantor merupakan sebuah rencana untuk menggabungkan teknologi tinggi melalui perbaikan proses pelaksanaan pekerjaan demi meningkatkan produktifitas pekerjaan.Otomatisasi kantor dimulai pada tahun 1964, ketika IBM memasarkan mesin yang disebut MT/ST ( magnetik Tape/ SelecticTypewriter).

OA mencakup semua sistem formal dan informal yang terutama

berkaitan dengan komunikasi informasi ke dan dari organisasi didalam maupun diluar perusahaan mencakup :

1. Sistem elektronik formal & informal

2. Komunikasi informasi

3. Orang-orang di dalam dan diluar perusahaan

A. PENGGUNA OTOMATISASI KANTOR

OA digunakan oleh semua orang yang bekerja di dalam kantor, namun ada empat kategori yang menggunakan OA, yaitu :

  1. Manajer
  2. Profesional
  3. Sekretaris
  4. Pegawai Administratif

B. TIGA TUJUAN OA yang harus diraih :

1. Penggabungan dan penerapan teknologi

2. Memperbaharui proses pelaksanaan pekerjaan dikantor

3. Meningkatkan produktifitas pekerjaan & efektifitas pekerjaan

C. APLIKASI OA

  1. Sistem Pengolahan Kata

  1. Sistem Surat Eletronik

  1. Sistem Kalender Elektronik

  1. Transmisi Faksimili

  1. Voice Mail
  2. Konferensi Audio
  3. Konferensi Video
  4. Konferensi Komputer
  5. Videotex
  6. Pencitraan
  7. Desktop Publishing

D. DAMPAK KANTOR VIRTUAL

1. Keuntungan kantor virtual :

1. Pengurangan biaya fasilitas

2. Pengurangan biaya peralatan

3. Jaringan komunikasi formasl

4. Pengurangan pengentian kerja

5. Kontribusi sosial

2. Kerugian Kantor Virtual :

1. Rasa tidak memiliki

2. Takut kehilangan pekerjaan

3. Semangat kerja yang rendah

4. Ketegangan keluarga

3. Strategi Kantor Virtual Yang Disarankan :

1. Sediakan sumber daya komputer

2. Sediakan akses kesumber daya informasi

3. Sediakan perlengkapan non komputer

4. Gunakan konferensi telpon

4. Kombinasi OA Bagi Seorang Manajer :

1. Jenis organisasi

2. Pilihan pribadi manajer

3. Sumber daya OA yg tersedia

SISTEM PAKAR

Pendahuluan

Subsistem CBIS yang menarik paling banyak perhatian dari ilmuwan Komputer dan spesialis informasi.

Sistem Pakar merupakan Sub Sistem CBIS yang menarik, terdiri dari :

1. Sistem berbasis pengetahuan (knowledge based system)

2. Kecedasan buatan ( artificial Intelligent)

Bentuk sistem berbasis pengetahuan yang populer adalah sistem pakar (expert system) yang mempunyai 4 bagian utama yaitu :

1. User interface

2. Inference engine

3. Devolopment engine

4. Knowlagde base

A. MODEL SISTEM PAKAR

B. KOMPONEN SISTEM PAKAR

1. User Interface

User interface memungkinkan manajer untuk memasukkan instruksi dan informasi ke dlm sistem pakar dan menerima informasi dari sistem pakar.

a. Input Sistem Pakar

User interface dirancang untuk mempermudah dialog dua arah antara sistem & pemakai dgn menampilkan teknik tanya-jawab dan pengisian formulir kemudian muncul bahasa perintah dan menu speadsheet elektronik dan sistem manajemen data base (DBMS)

b. Output Sistem Pakar

Sistem Pakar dirancang untuk menyarankan pemecahan. Pemecahan ini dilengkapi dengan penjelasan :

Ø Penjelasan atas pertanyaan

Ø Penjelasan atas penyelesaian masalah

2. Knowledge Base

Knowlage base memuat fakta-fakta yang menjelaskan area masalah dan juga teknik menerangkan masalah yang menjelaskan bagaimana fakta fakta tersebut cocok satu sama lain dalam urutan yang logis.

3. Inferance Engine

Bagian dari Sistem Pakar yang melakukan penalaran dengan menggunakan knowledge base berdasarka urutan tertentu.

a. Penaran Maju

Penalaran maju disebut juga forward chaining dimana sistem pakar akan menguji apakah setiap kondisi benar atau salah.

b. Penalaran Mundur

Penalaran mundur disebut juga backward chaining yaitu pemilihan suatu aturan dan menganggapnya sebagai masalah yang harus diselesaikan.

Membandingkan Penalaran Maju & Penalaran Mundur

Penalaran mundur bergerak lebih cepat dari penalaran maju karena penalaran mundur tidak harus mempertimbangkan semua aturan dan tidak membuat beberapa putaran melalui perangkat atauran.

Penalaran mundur sangat sesuai jika:

Ø Terdapat variabel sasaran berganda ( multiple goal variable)

Ø Terdapat banyak aturan

Ø Semua atau hampir semua aturan tidak harus diuji dalam proses mencapai pemecahan.

4. Development Engine

Komponen utama sisem pakar adalah development engine, yang digunakan untuk menciptakan sistem pakar. Ada 2 pendekatan dasar yakni :

1. Bahasa Pemrograman

2. Shell sistem pakar

5. Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan (artificial Intelligence A/I) adalah : Kegiatan memberikan pada mesin ( komputer) kemampuan untuk menampilkan prilaku yang dianggap cerdas.AI pertama kali diperkenalkan pada tahun 1956 dgn program komputer pertama disebut logic theorist ( pembuktian teorima kalkulus). AI sedang diterapkan dibidang bisnis dalam bentuk sistem berbasis pengetahuan ( knowledge base system), jenis yang paling popular adalah program komputer yang memcoba untuk mewakili pengetahuan aturan yakni aturan praktis ( rule of thumb) dan aturan dugaan ( rule of good guessing).

C. KEUNTUNGAN SISTEM PAKAR BAGI MANAJER

  1. Mempertimbangkan lebih banyak alternatif
  2. Menerapkan logika yang lebih tinggi
  3. Menyediakan lebih banyak waktu untuk mengevaluasi hasil keputusan
  4. Membuat keputusan yang lebih konsisten

Keuntungan Sistem Pakar bagi Perusahaan :

1. Kinerja perusahaan yang lebih baik

2. Mempertahankan pengendalian atas pengetahuan perusahaan

Kerugian Sistem Pakar :

  1. Tidak dapat menangani pengetahuan yang tidak konsisten
  2. Sistem Pakar tidak dapat menerapkan penilaian dan intuisi

SISTEM PAKAR

Pendahuluan

Subsistem CBIS yang menarik paling banyak perhatian dari ilmuwan Komputer dan spesialis informasi.

Sistem Pakar merupakan Sub Sistem CBIS yang menarik, terdiri dari :

1. Sistem berbasis pengetahuan (knowledge based system)

2. Kecedasan buatan ( artificial Intelligent)

Bentuk sistem berbasis pengetahuan yang populer adalah sistem pakar (expert system) yang mempunyai 4 bagian utama yaitu :

1. User interface

2. Inference engine

3. Devolopment engine

4. Knowlagde base

A. MODEL SISTEM PAKAR

B. KOMPONEN SISTEM PAKAR

1. User Interface

User interface memungkinkan manajer untuk memasukkan instruksi dan informasi ke dlm sistem pakar dan menerima informasi dari sistem pakar.

a. Input Sistem Pakar

User interface dirancang untuk mempermudah dialog dua arah antara sistem & pemakai dgn menampilkan teknik tanya-jawab dan pengisian formulir kemudian muncul bahasa perintah dan menu speadsheet elektronik dan sistem manajemen data base (DBMS)

b. Output Sistem Pakar

Sistem Pakar dirancang untuk menyarankan pemecahan. Pemecahan ini dilengkapi dengan penjelasan :

Ø Penjelasan atas pertanyaan

Ø Penjelasan atas penyelesaian masalah

2. Knowledge Base

Knowlage base memuat fakta-fakta yang menjelaskan area masalah dan juga teknik menerangkan masalah yang menjelaskan bagaimana fakta fakta tersebut cocok satu sama lain dalam urutan yang logis.

3. Inferance Engine

Bagian dari Sistem Pakar yang melakukan penalaran dengan menggunakan knowledge base berdasarka urutan tertentu.

a. Penaran Maju

Penalaran maju disebut juga forward chaining dimana sistem pakar akan menguji apakah setiap kondisi benar atau salah.

b. Penalaran Mundur

Penalaran mundur disebut juga backward chaining yaitu pemilihan suatu aturan dan menganggapnya sebagai masalah yang harus diselesaikan.

Membandingkan Penalaran Maju & Penalaran Mundur

Penalaran mundur bergerak lebih cepat dari penalaran maju karena penalaran mundur tidak harus mempertimbangkan semua aturan dan tidak membuat beberapa putaran melalui perangkat atauran.

Penalaran mundur sangat sesuai jika:

Ø Terdapat variabel sasaran berganda ( multiple goal variable)

Ø Terdapat banyak aturan

Ø Semua atau hampir semua aturan tidak harus diuji dalam proses mencapai pemecahan.

4. Development Engine

Komponen utama sisem pakar adalah development engine, yang digunakan untuk menciptakan sistem pakar. Ada 2 pendekatan dasar yakni :

1. Bahasa Pemrograman

2. Shell sistem pakar

5. Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan (artificial Intelligence A/I) adalah : Kegiatan memberikan pada mesin ( komputer) kemampuan untuk menampilkan prilaku yang dianggap cerdas.AI pertama kali diperkenalkan pada tahun 1956 dgn program komputer pertama disebut logic theorist ( pembuktian teorima kalkulus). AI sedang diterapkan dibidang bisnis dalam bentuk sistem berbasis pengetahuan ( knowledge base system), jenis yang paling popular adalah program komputer yang memcoba untuk mewakili pengetahuan aturan yakni aturan praktis ( rule of thumb) dan aturan dugaan ( rule of good guessing).

C. KEUNTUNGAN SISTEM PAKAR BAGI MANAJER

  1. Mempertimbangkan lebih banyak alternatif
  2. Menerapkan logika yang lebih tinggi
  3. Menyediakan lebih banyak waktu untuk mengevaluasi hasil keputusan
  4. Membuat keputusan yang lebih konsisten

Keuntungan Sistem Pakar bagi Perusahaan :

1. Kinerja perusahaan yang lebih baik

2. Mempertahankan pengendalian atas pengetahuan perusahaan

Kerugian Sistem Pakar :

  1. Tidak dapat menangani pengetahuan yang tidak konsisten
  2. Sistem Pakar tidak dapat menerapkan penilaian dan intuisi

DECISION SUPPORT SYSTEM

A. Konsep DSS

Dimulai akhir tahun 1960 dengan timesharing komputer yaitu untuk Pertama kalinya seseorang dapat berinteraksi langsung dengan Komputer tanpa harus melalui spesialis informasi.Istilah DSS diciptakan pada tahun 1971 oleh Anthony Gory dan Scott Morton untuk mengarahkan aplikasi komputer pada pengambilan Keputusan manajemen.

B. Tujuan DSS

  1. Membantu manajemen membuat keputusan untuk memecahkan masalah semi terstruktur
  2. Mendukung penilaian manajer bukan mencoba menggantikannya.
  3. Meningkatkan efektifitas pengambilan keputusan manager

Tiga Prinsip dasar DSS :

1. Struktur masalah

2. Dukungan Keputusan

3. Efektivitas Keputusan

C. Konsep Keputusan

Keputusan merupakan rangkaian tindakan yang perlu diikuti dalam Memecahkan masalah untuk menghindari atau mengurangi dampak Negatif atau untuk memanfaatkan kesempatan.

Jenis-jenis Keputusan menurut Herbert A. Simon :

1. Keputusan terprogram

2. Keputusan tidak terprogram

Tahapan Pengambilan Keputusan menurut Simon :

1. Kegiatan intelligen

2. Kegiatan merancang

3. Kegiatan memilih

4. Kegiatan menelaah

D. Struktur Masalah

Terstruktur Semi Tidak Terstruktur

Terstruktur(DSS)

E. Sistem Pendukung Keputusan Kelompok

1. Konsep Gdss

GDSS adalah suatu sistem berbasis komputer yang mendukung Kelompok-kelompok orang yang terlibat dalam suatu tugas ( tujuan) bersama dan yang menyediakan interfce bagi suatu lingkungan yang digunakan bersama. GDSS disebut juga :

1. Group Support System ( GSS)

2. Computer Supported Cooperative Work (CSCW)

3. Computerized Collaborative Work Support

4. Elektronik Meeting System

Asumsi yang mendasari GDSS adalah komunikasi yang baik memungkinkan keputusan yang lebih baik

Pengaturan GDSS adalah :

1. Ruang keputusan

2. Jaringan keputusan

3. Pertemuan legislatif

4. Konferensi bermedia komputer

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (SIA)

Pendahuluan

Ø Sistem Informasi Akuntansi merupakan suatu sistem yang bertugas Mengumpulkan data yang menjelaskan kegiatan perusahaan, Mengubah data tersebut menjadi informasi, serta menyediakan Informasi bagi pemakai didalam maupun diluar perusahaan.

Ø Pengolahan Data adalah suatu kegiatan memanipulasi atau mentransformasi simbol-simbol seperti angka dan abjad untuk tujuan meningkatkan kegunaannya.

Ø SIA adalah satu-satunya CBIS yang bertanggungjawab memenuhi kebutuhan informasi di luar perusahaan.

Ø SIA bertanggungjawab memenuhi kebutuhan informasi bagi tiap-tiap elemen lingkungan kecuali PESAING.

A. MODEL SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

B. TUGAS PENGOLAHAN DATA

SIA Melakukan Empat Tugas Pengolah Data :

1. Pengumpulan data

2. Manipulasi data, terdiri dari :

a. Pengklasifikasian

b. Pengurutan

c. Pengitungan

d. Pengikhtisaran

3. Penyimpanan data

4. Penyiapan dokumen.

C. KARAKTERISTIK SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

Ada Beberapa Karakteristik SIA Yakni :

1. Melaksanankan tugas yang diperlukan

2. Berpegang pada prosedur yang relatif standar

3. Menangani data yang rinci

4. Terutama berfokus historis

5. Menyediakan informasi pemecahan masalah

Contoh Sistem Informasi akuntansi adalah sistem distribusi barang.(setiap dosen diharapkan untuk menguraikan contoh SIA untuk didiskusikan)

SISTEM INFORMASI MANUFAKTUR

PENDAHULUAN

Sistem Informasi Manufaktur adalah salah satu subsistem CBIS yang menyediakan informasi mengenai operasi perusahaan.

Output dari Sistem Informasi Manufaktur digunakan untuk menciptakan dan mengoperasikan sistem produk fisik Perusahaan.

Manajemen manufaktur menggunakan komputer baik sebagai sistem konseptual maupun sebagai suatu elemen dalam sistem produksi fisik.

Computer Aided Design, Computer Aided Manufacturing dan Robotik menggambarkan cara menggukan teknologi komputer dalam sistem fisik.

A. MODEL SISTEM INFORMASI MANUFAKTUR

  1. Sub Sistem Input

a. Sistem informasi akuntansi

Mengumpulkan data intern yang menjelaskan operasi manufaktur dan data lingkungan yang menjelaskan transaksi perusahaan dengan pemasok.

b. Subsistem Industrial Engineering

Terdiri dari proyek-proyek pengumpulan data khusus dari dalam perusahaan yang menetapkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk suatu produksi.

c. Subsisten Intelijen Manufaktur

Mengumpulkan data dari lingkungan.

  1. Subsistem Output

a. Subsistem Produksi

Mengukur produksi dalam hal waktu, menelusuri arus kerja dari satu langkah ke langkah berikutnya.

b. Subsistem Persediaan

Mengukur volume aktivitas produksi saat persediaan diubah dari bahan mentah menjadi barang jadi.

c. Subsistem Kualitas

Mengukur kualitas material saat material tersebut diubah.

d. Subsistem Biaya

Mengukur biaya yang terjadi selama proses produksi.

B. KOMPUTER SEBAGAI BAGIAN DARI SISTEM FISIK

1. Compute Aided Design

CAD melibatkan pengguna komputer untuk membantu rancangan produk yang akan dimanufaktur. CAD disebut juga CAE ( Computer aided enginering )

2. Computer aided manufacturing

CAM adalah penerapan komputer dalam produksi

3. Robotik

Robotik melibatkan pengguna robot industrial (industrial robots – IR), alat yang secara otomatik melaksanakan tugas tertentu dalam proses manufaktur.

C. KOMPUTER SEBAGAI SISTEM INFORMASI

1. Sistem pemasanan kembali (Re-Order Point/ ROP)

ROP merupakan suatu strategi yang reaktif, maksudnya menunggu hingga saldo suatu jenis barang mencapai tingkat tertentu dan kemudian memicu pesanan pembelian.

2. Material Requirements Planning

MRP dikembagkan pada than 1960-an oleh Joseph Orlicky dari J.I case company. MRP adalah suatu strategi material proaktif yaitu mengidenti-fikasikan material, jumlah dan tanggal yang dibutuhkan

MRP memiliki 4 ( empat ) komponen yakni :

a. Sistem penjadwalan produksi

b. Sistem material requirement planning

c. Sistem capacity requrement planning

d. Sistem pelepasan pesanan

Manfaat MRP adalah :

a. Perusahaan dapat mengelola materialnya secara lebih efisien

b. Perusahaan dapat menghindari kehabisan persediaan barang

c. Perusahaan mengetahui kebutuhan material dimasa depan

d. Pembeli dapat merundingkan perjanjian pembeli dengan pemasok

3. Manufacturing Resource Planning ( MRP II)

Mengintegrasikan semua proses di dalam manufaktur yang berhubungan dengan manajemen material.

Manfaat MRP II :

a. Penggunaan sumber daya yang lebih efisien

b. Perencanaan prioritas yang lebih baik

c. Pelayanan pelanggan yang meningkat

d. Semangat kerja pegawai meningkat

e. Informasi manajemen yang lebih baik

4. Pendekatan Just – In – Time

Pendekatan just – in – time (JIT) menjaga arus material melalui pabrik hingga minimum dengan menjadwalkan material agar tiba di stasiun kerja “ tepat pada waktunya” Tujuannya adalah agar meminimumkan biaya persediaan dan biaya penanganan (keamanan dan asuransi).

SISTEM INFORMASI KEUANGAN (SIK)

PENDAHULUAN

Sistem Informasi Keuangan merupakan suatu sub sistem dari CBIS yang memberikan informasi kepada orang atau kelompok baik di dalam maupun di luar perusahaan mengenai masalah keuangan perusahaan.

A. MODEL SISTEM INFORMASI KEUANGAN

  1. Subsistem Input Sistem Informasi Keuangan

a. Sistem Informasi Akuntansi

Menyediakan data akuntansi yang berupa catatan mengenai segala sesuatu yang terjadi dalam perusahaan

b. Subsistem Audit Internal

Auditor bertugas mengaudit/memeriksa catatan akuntansi untuk menguji kebenarannya. Auditor terbagi menjadi dua untuk kantor akuntansi publik.

Ø Auditor Ekternal : Auditor yang bekerja

Ø Auditor Internal : Auditor yang dimiliki sendiri oleh perusahaan.

Posisi Audit Internal Dalam Organisasi

Sifat pekerjaan Auditor Internal

Ø Obyektivitas

Ø Independen

Jenis-jenis Audit Internal :

1. Audit Keuangan

Menguji akurasi catatan keuangan perusahaan.

2. Audit Operasional

Memeriksa efektivitas prosedur

3. Audit Kesesuaian

Memeriksa efektivitas prosedur secara berkelanjutan

4. Rancangan sistem pengendalian Internal

Auditor internal berpartisipasi aktif dalam pengembangan sistem

c. Subsistem Intelijen Keuangan

Mengidentifikasi sumber-sumber terbaik modal tambahan dan investasi terbaik bagi kelebihan dana.

  1. Subsistem Output Sistem Informasi Keuangan

a. Subsistem Peramalan

Membuat perhitung untuk beberapa tahun ke depan.

b. Subsistem Manajemen Dana

Mengatur dan mengelola arus uang.

c. Subsistem Pengendalian

Manajer diberikan sejumlah anggaran operasional yaitu sejumlah dana yang tersedia untuk digunakan dalam memenuhi tujuan operasional.

B. PROSES PENGANGGARAN

Proses Pembuatan Anggaran

  1. Pendekatan dari atas ke bawah

Eksekutif yang menentukan jumlah anggaran dan kemudian menekankan jumlah tersebut pada tingkat yang lebih rendah.

  1. Pendekatan dari bawah ke atas

Proses penganggaran dimulai pada tingkat organisasi terendah.

  1. Pendekatan partisipasi

Pihak yang akan menerima dana ikut berpartisipasi dalam menentukan tingkat dana.

Proses Penganggaran

SISTEM INFORMASI PEMASARAN (SIP)

Pendahuluan

v Definisi Pemasaran

Kegiatan perorangan dan organisasi yang memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran dalam lingkungan yang dinamis melalui penciptaan, pendistribusian, promosi, dan penentuan harga barang, jasa, dan gagasan.

v Sistem Informasi Pemasaran

Merupakan subset dari CBIS yang menyediakan informasi untuk memecahkan masalah pemasaran perusahaan

A. PRINSIP-PRINSIP PEMASARAN

Bauran pemasaran merupakan suatu strategi pemasaranyang terdiri dari gabungan unsur-unsur :

1. Produk

2. Promosi

3. Tempat

4. Harga

B. EVOLUSI SISTEM INFORMASI PEMASARAN

1. Intelijen pemasaran

2. Informasi pemasaran intern

3. Komunikasi pemasaran

C. MODEL SISTEM INFORMASI PEMASARAN

1. Subsistem Input Sistem Informasi Pemasaran

a. Sistem Informasi Akuntansi

Mengumpulkan data yang menjelaskan transaksi pemasaran.

b. Subsistem Penelitian Pemasaran

Melakukan penelitian khusus mengenai operasi pemasaran untuk tujuan mempelajari kebutuhan konsumen dan meningkatkan efisiensi pemasaran.

c. Subsistem Intelijen Pemasaran

Mengumpulkan informasi dari lingkungan luar.

2. Subsistem Output Sistem Informasi Pemasaran

a. Subsistem Produk

Menyediakan informasi tentang produk yang dihasilkan.

b. Subsistem Tempat

Menyediakan informasi tentang jaringan distribusi.

c. Subsistem Promosi

Menyediakan informasi tentang kegiatan periklanan dan penjualan langsung.

d. Subsistem Harga

Menyediakan informasi yang membantu manajer dalam membuat keputusan harga.

e. Subsistem Bauran Pemasaran

Memungkinkan manajer untuk mengembangkan strategi dengan mempertimbangkan unsur 4P.

SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA MANUSIA (SISDM)

Pendahuluan

v Definisi Sistem Informasi SDM

Sistem yang digunakan dalam mengelola personil yang ada didalam perusahaan.

v Fungsi SDM

SDM merupakan departemen atau divisi di dalam organisasi yang bertanggungjawab atas banyak kegiatan yang berhubungan dengan SDM.

A. KEGIATAN UTAMA SDM

1. Perekrutan dan Penerimaan

SDM membantu menerima pegawai baru dengan memasang iklan lowongan kerja, melakukan wawancara dan mengurus test seleksi bagi pegawai.

2. Pendidikan dan Pelatihan

SDM mengatur berbagai program pendidikan dan pelatihan yang diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian kerja pegawai.

3. Manajemen Data

SDM menyimpan database yang berhubungan dengan pegawai dan memproses data tersebut untuk memenuhi kebutuhan informasi pemakai.

4. Penghentian dan Administrasi Tunjangan

1. Subsistem Input Sistem Informasi SDM

a. Sistem Informasi Akuntansi

Data yang diolah terdiri dari data personil dan data keuangan.

b. Subsistem Penelitian SDM

Mengumpulkan data melalui proyek penelitian khusus seperti penelitian suksesi, analisis dan evaluasi jabatan dan penelitian keluhan.

c. Subsistem Intelijen SDM

Mengumpulkan data yang berhubungan dengan SDM dari lingkungan perusahaan.

Database SISDM

Data yang tersimpan dalam database SISDM terdiri dari data pegawai dan data non-pegawai.

2. Subsistem Output SISDM :

a. Subsistem Angkatan Kerja

Semua kegiatan yang memungkinkan manajemen untuk mengidentifikasikan kebutuhan pegawai dimasa depan.

b. Subsistem Perekrutan

Melakukan kegiatan perekrutan.

c. Subsistem Manajemen Angkatan Kerja

Menggunakan aplikasi untuk mengetahui usaha pengembangan angkatan kerja yang sudah dilakukan

d. Subsistem Kompensasi

Melakukan proses penggajian.

e. Subsistem Tunjangan

Menyediakan pakettunjangan baik bagi pegawai yang masih bekerja maupun yang pensiun.

f. Subsistem Pelaporan Lingkungan.

Ditujukan untuk memenuhi tanggung jawab kepada pihak yang berkepentingan diluar perusahaan.

SISTEM INFORMASI EKSEKUTIF (SIE)

Pendahuluan

Eksekutif

Manajer pada tingkat atas dari struktur organisasi yang berpengaruh kuat pada perusahaan dan terlibat dalam perencanaan strategis dan menetapkan kebijakan perusahaan.

Sistem Informasi Eksekutif

Merupakan suatu sistem yang menyediakan informasi bagi eksekutif mengenai kinerja perusahaan secara keseluruhan.

A. MODEL SISTEM INFORMASI EKSEKUTIF

1. Dialog antara Eksekutif dengan SIE

Eksekutif memasukkan instruksi ke dalam sistem melalui menu, pilihan menu ditampilkan dengan mouse atau touch screen, informasi ditampilkan dalam bentuk tabel, grafik atau narasi.

2. Drill Down

Eksekutif dapat memulai dari gambaran sekilas dan kemudian secara bertahap mengambil informasi yang lebih rinci.

Konsep-konsep Manajemen

1. Faktor-faktor penentuan keberhasilan

2. Management by Exception : Manajemen terlibat jika sesuatu berjalan tidak sesuai rencana.

3. Model Mental

Model yang memungkinkan perorangan untuk membuat penilaian dan perkiraan, membuat keputusan dan mengendalikan pelasanaannya.

Keputusan Penerapan EIS

Banyak perusahaan yang memutuskan untuk menggunakan EIS didalam perusahaan mereka saat ini, hal ini disebabkan karena adanya :

  1. Perangkat lunak produktivitas perorangan
  2. Perangkat lunak EIS siap pakai
  3. Perangkat lunak EIS pesanan

Fakor-faktor penentu keberhasilan EIS

  1. Sponsor eksekutif yang mengerti dan berkomitmen
  2. Sponsor operasi
  3. Staf jasa informasi yang sesuai
  4. Teknologi informasi yang sesuai
  5. Manajemen data
  6. Keterkaitan yang jelas dengan tujuan bisnis
  7. Manajemen atas penolakan organisasi
  8. Manajemen atas oenyebaran dan evolusi sistem

Saran-saran untuk memperbaiki EIS :

  1. Mencatat transaksi informasi yang masuk
  2. Merangsang sumber-sumber bernilai tinggi
  3. Memanfaatkan peluang
  4. Menyesuaikan sistem pada perorangan
  5. Memanfaatkan teknologi

Trend EIS masa depan :

  1. Penggunaan SIE di perusahaan besar akan menjadi umum
  2. Terdapat kebutuhan akan perangkat lunak EIS khusus yang berharga murah
  3. SIM dan DSS masa depan akan tampak seperti EIS masa kini
  4. Eksekutif akan menjaga komputer dalam perspektif

SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA INFORMASI

Pendahuluan

Jasa Informasi adalah area fungsional utama perusahaan yang terdiri dari analis sistem, programmer, pengelola database, spesialis jaringan, dan personil operasi.

Sumber Daya Informasi perusahaan meliputi hardware, software, para spesialis informasi, pemakai, fasilitas, database dan informasi.

Sistem Informasi Sumber Daya Informasi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi mengenai sumber daya informasi perusahaan pada para pemakai diseluruh perusahaan.

Manajer unit jasa informasi dikenal dengan istilah CIO(Chief Information Officer)

A. SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA INFORMASI

1. Subsistem Input Sistem Informasi Sumber Daya Informasi

a. Sistem Informasi Akuntansi

Mengumpulkan data internal yang menjelaskan unit jasa informasi dan data eksternal yang menjelaskan transaksi unit tersebut dengan para pemasoknya.

b. Subsistem Riset SDI

Melakukan kegiatan-kegiatan yang terdiri dari proyek-proyek riset di dalam perusahaan yang selanjutnya menentukan kebutuhan pemakai dan kepuasan pemakai.

c. Subsistem Intelijen SDI

Berhubungan dengan pengumpulan informasi dari elemen-elemen lingkungan perusahaan

2. Subsistem Output Sistem Informasi Sumber Daya Informasi

a. Subsistem perangkat keras

Menyiapkan output informasi yang menjelaskan sumber daya perangkat keras.

b. b. Subsistem perangkat lunak

Menyiapkan output informasi yang menjelaskan sumber daya parangkat lunak.

c. Subsistem SDM

Menyediakan informasi tentang spesialis informasi perusahaan.

d. Subsistem data dan informasi

Menyiapkan output yang menjelaskan sumber daya data dan informasi yang berada di database pusat

3. Subsistem sumber daya terintegrasi

Menyatukan informasi yang menjelaskan sumber daya perangkat keras, perangkat lunak, SDM, serta data dan informasi.

Tahapan mencapai manajemen kualitas dalam jasa informasi :

1. Mengidentifikasi pelanggan

2. Menentukan / mendefinisikan kebutuhan kualitas pelanggan

3. Menetapkan metrik kualitas

4. Mendefinisikan strategi kualitas jasa informasi

5. Menerapkan program-program kualitas jasa informasi

6. memantau kinerja kualitas jasa informasi

B. KEAMANAN SISTEM

Tujuan Keamanan Sistem : 1. Kerahasiaan

2. Ketersediaan

3. Integrita

C. STRATEGI PENGURANGAN BIAYA MANAJEMEN INFORMASI

Ø Konsolidasi

Ø Downsizing

Ø Outsourcing


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: